Sunday 16 July 2017

Pesisir Pantai Teluk Betung Selatan


Pesisir Pantai Teluk Betung Selatan


Karya: Alfian Rohmadi

Pantai adalah sebuah tempat yang sangat diminati oleh masyarakat, bahkan orang luar negeri sangat menyukai yang namanya pantai. Pantai terletak di pesisir atau pinggir daratan yang bertemu dangan air laut. Di Indonesia terdapat banyak sekali pantai karena Indonesia adalah Negara kepulauan yang memiliki banyak pulau yang terbentang dari Sabang sampai Marauke. Pantai akan sangat indah apabila dirawat atau dikelola dengan baik, sebaliknya jika pantai tidak dikelola dengan baik maka pantai tersebut akan rusak.

Berbicara tentang pengelolaan pesisir pantai, ada sebuah daerah dimana pantainya bukan lagi tidak terawat tetapi sudah sangat berantakan. Pesisir pantai Teluk Betung Selatan adalah tempat dimana pesisir pantainya sangatlah kotor. Bagaimana tidak kotor, warga di sana membuang sampah rumah tangganya ke pesisir laut tersebut bahkan setiap hari, itu pun bukan hanya satu atau dua orang, tetapi satu kampung kalau membuang sampah maka lautlah tempatnya. Tidak heran jika laut di daerah itu sangat kotor dan bahkan bau. Hal ini sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Pesisir Pantai Teluk Betung Selatan, bagi mereka ini seperti kegiatan yang lazim dilakukan dan tidak ada penyesalan.

Pemandangan pantai yang seharusnya indah kini berubah menjadi tidak enak dipandang. Permasalahan ini seharusnya dapat perhatian bagi pemerintah setempat, karena pantai ini bila dibersihkan serta ditata dan dikelola dengan baik, tempat ini bisa menjadi tempat pariwisata yang menarik. Dan masyarakat sekitar juga harus memberi perhatian lebih dan bertanggung jawab atas sampah ini.


EmoticonEmoticon