Tuesday 18 July 2017

Maraknya Teknologi Informasi dan Komunikasi

Maraknya Teknologi Informasi dan Komunikasi



Karya: Alfian Rohmadi

Di zaman yang modern ini bisa dikatakan sebagai zamanya teknonogi, mengapa dikatakan demikian? Sebab, dapat kita lihat di sekitar kita pasti ada yang namanya teknologi. Berbeda dengan zaman dahulu yang masih tradisional. Dulu kita sulit untuk dapat menemukan dan melihat teknologi yang canggih, apa lagi memilikinya. Tapi tidak untuk saat ini, hampir setiap orang memiliki teknologi yang canggih, salah satunya adalah handphone (HP), kita lihat sekarang hampir setiap orang memilikinya, bahkan akhir-akhir ini anak Tingkat Sekolah Dasar (SD) sudah banyak yang memegang handphone pribadi yang diberikan oleh orang tuanya dan masih banyak lagi berbagai jenis teknologi yang sudah marak tersebar di dunia, khususnya Indonesia. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini memiliki berbagai macam dampak bagi manusia. Ada dua jenis dampak yang ditimbulkan yaitu dampak positif dan negatif.

Dampak positif dari perkembangan teknologi antara lain:

  • Manusia sangat terbantu dengan perkembangan teknologi ini, seperti handphone yang dapat mempererat tali silaturahmi antar manusia, laptop/komputer yang dapat membantu pekerjaan, dan internet yang memudahkan kita untuk dapat memperoleh informasi dan pengetahuan.


Memang masih banyak lagi dampak positif dari pesatnya perkembangan teknologi ini. Namun perkembangan teknologi tidak hanya meninggalkan dampak positif tetapi juga ada dampak negatifnya antara lain:

  • Manusia akan cenderung sangat malas karena merasa telah terbantu oleh teknologi.
  • Manusia akan sangat bergantung pada teknologi, dikhawatirkan ketika teknologi menghilang manusia akan kehilangan jati dirinya dan cepat frustasi.


Masih banyak dampak negatif lainya, belum lagi masalah penyalahgunaan teknologi tersebut. Dilihat dari pernyataan di atas bahwa teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia. Kita harus pandai memilih dan menggunakan teknologi tersebut dengan benar, efektif, dan efisien.


EmoticonEmoticon